RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pembelajaran :MAN SUMPUR

Mata Pelajaran :Bahasa Arab

Kelas/Semester :X/II

Pertemuan ke :4 (empat)

Alokasi Waktu :2x45 menit

Standar Kompetensi : Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang الهوايات

Kompetensi Dasar : menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dan tulisan dengan menggunakan struktur kalimat ضمائر وحروف الجرّ

Indikator :

  • menghafal dhamair ، أنتَ، أنتما، أنتم، أنتِ، أنتما، أنتنّ، أنا، نحنٍه هو, هما, هم, هي, هما, هنّ
  • memahami dhamir seperti diatas
  • menyesuaikan dhamair dengan fi’il madhi, mudhari’ dan amr
  • penggunaan huruf jar
  • penyampaikan pendapat secara lisan dan tulisan dengan menggunakan struktur kalimat diatas.

A. Tujuan Pembelajaran :

  • siswa hafal tentang dhamair ، أنتَ، أنتما، أنتم، أنتِ، أنتما، أنتنّ، أنا، نحنٍه هو, هما, هم, هي, هما, هنّ
  • siswa mengetahuin artinmasing-masing dhamir
  • siswa dapat menggunakan dhamair dengan fi’il madhi, mudhari’ dan amr
  • siswa dapat penggunaan huruf jar dalam berdialog
  • siswa dapat penyampaikan pendapat secara lisan dan tulisan dengan menggunakan struktur kalimat diatas.

B. Materi pembelajaran : ضمائر وحروف الجرّ

ضمائر:

هو- هما- هم- هي- هما- هنّ- انتَ- انتما- انتم- انتِ- انتما- انتنّ- أنا- نحنٍ

وحروف الجرّ:

1.مِنْ : جئتُ من جاكرتا =dari، من هواياتي القراءة= diantara الرسم من هواياتي termasuk

2. إلى:ke dan pada

3. علىdiatas dan wajib

4. فيdi, didalam dan pada

5. بdengan dan di

6.كseperti

7. لuntuk dan kepunyaan

C. Metode Pembelajaran :qawa’id tarjamah

D.Langkah-langkah pembelajaran

1.Langkah Awal

a. Memulai pembelajaran dengan salam dan Do’a

b.Absensi siswa

c.Memotivasi siswa untuk belajar bahasa arab

d.Memberikan apersepsi kepada siswa

a. Menjelaskan tujuan belajar sekarang yaitu siswa mampu bertanya jawab dengan struktur kalimat ضمائر وحروف الجرّ

2.Kegiatan Inti

a. Siswa mendengarkan guru menjelaskan tentang ضمائر وحروف الجرّ serta fungsinya

b. Siswa menghafal dhamair dan huruf jar

c. Guru membuat contoh kalimat dengan menggunakan struktur kalimat tersebut dan siswa mengulanginya

d. Guru menyuruh siswa membuat kalimat dengan menggunakan struktur kalimat tersebut

e. Guru menyuruh siswa tampil kedepan bertanya jawab dengan menggunakan struktur kalimat tersebut.

3.Kegiatan Akhir

a. Menyimpulkan sekaligus memberikan pengertian yang jelas

b. Penguatan dengan bertanya secara lisan kepada siswa informasi yang dipahaminya tentang wacana lisan tersebut.

c. Menginformasikan kepada siswa tentang pelajaran untuk pertemuan selanjutnya

d. Salam

E.Sumber Belajar

a. Buku paket terampil bahasa arab untuk MA karangan minanul aziz

b. Kamus bahasa arab

F.Penilaian

1.Teknik: tes lisan dan tulisan

2.Bentuk instrumen: pertanyaan

3.aspek penilaian: psikomotor dan kognitif

4.Soal instrumen:

1. املإ الفراغ بحرف مناسب من حروف الجرّ!...

2. اخترْ معنى حرف جرّ مناسبا ممّا بين القواسين!...

3. اذكر ضمائر كلها!

Sumpur, ….………2010

Diketahui Oleh:

Guru Pamong Mahasiswa PPL

APRIYEDI,S.Ag SITI ERLINA NIP.150 274 538 NIM. 206106

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pembelajaran :MAN SUMPUR

Mata Pelajaran :Bahasa Arab

Kelas/Semester :X/II

Pertemuan ke : 5 (lima)

Alokasi Waktu :2x45 menit

Standar Kompetensi : Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang الهوايات

Kompetensi Dasar : melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis secara tepat dan benar

Indikator :Membaca nyaring cerita dengan makhraj dan intonasi yang jelas dan benar

A. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu Membaca cerita dengan makhraj dan intonasi yang jelas dan benar

B. Materi pembelajaran : الهوابة

هواية عمر كثيرة مثل القراءة والرسم والمراسلة ولعب كرة القدم. يقرا عمر فى أوقات الفراغ الكتب والمجلات. يأخذ عمر من والده ريالا كل يوم ويشترى كتابا جديدا كل اسبوع. والان يملك عمر مكتبة كبيرة فى البيت

فى ابام العطلة يحبّ عمر ذهاب الى أيّ مكان ويرسم عمر رسومة عن الناس والحيوانات والاشجار. رسوكته جيّدة ويحصل عمر جائزة الرسم دائما فى المدرسة.

اصدقاء عمر كثيرون وهو يحبّ أيضا المراسلة. يكتب عمر لأصدقائه الرسائل وهم يكتيون له أيضا.هم يقصّون حالهم فى رسائلهم. فى العطلة القادمة سيزور عمر صديقه اسماعيل فى ماليزيا.

بجانب ذالك, يلعب عمر كرّة القدم فى المساء مرّتين فى الاسبوع. هو يلعب مع اصدقائه فى ملعب القرية. يحبّ عمر كرة القدم لأنه يصحّ الجسم

C. Metode Pembelajaran : qira’ah

D.Langkah-langkah pembelajaran

1.Langkah Awal

a. salam dan absensi

b.appersepsi dan motivasi

c. Memberikan apersepsi kepada siswa tentang pelajaran yang telah lewat

d. Menjelaskan tujuan belajar sekarang yaitu siswa mampu Membaca cerita dengan makhraj dan intonasi yang jelas dan benar

2.Kegiatan Inti

a. guru membaca nyaring wacana tulis dengan makhraj dan intonasi

b. siswa mendengarkan dan mengulanginya secara bersama-sama

c. Guru menyuruh siswa satu persatu untuk tampil kedepan membaca wacana tersebut dengan makhraj dan intonasi yang tepat dan benar

d. guru dan siswa menterjemahkan wacana tersebut

e. guru menyuruh siswa satu persatu membaca wacana tersebut bserta terjemahannya.

3.Kegiatan Akhir

a. Menyimpulksn sekaligus memberikan pengertian yang elas

b.Penguatan dengan mengulangi bacaan wacana tersebut dengan tepat dan benar

c. Menginformasikan kepada siswa tentang pelajaran untuk pertemuan selanjutnya

d. Salam

E.Sumber Belajar

a. Buku paket terampil bahasa arab karangan minanul aziz

b. Kamus bahasa arab

F.Penilaian

1.Teknik: tes lisan

2. bentuk instrumen : pertanyaan

3.aspek penilaian: psikomotor

4.Soal instrumen:

1. اقرأ ما يلى قراءة جيّدة!...

2.اقرأ نصّ القراءة بدون الشّكل الاتي!....

Sumpur, ….………2010

Diketahui Oleh:

Guru Pamong Mahasiswa PPL

APRIYEDI,S.Ag SITI ERLINA NIP.150 274 538 NIM. 206106

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pembelajaran :MAN SUMPUR

Mata Pelajaran :Bahasa Arab

Kelas/Semester :X/II

Pertemuan ke :6 (enam)

Alokasi Waktu :2x45 menit

Standar Kompetensi : Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang الهوايات

Kompetensi Dasar :

§ mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar

§ menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat dan benar

Indikator :

§ mengetahui makna dari kata, kalimat dan wacana tulis

§ mengetahui kandungan dari wacana tulis

§ menyusun kata, kalimat sesuai wacana tulis

§ membetulkan dan menyalahkan wacana tulis

A. Tujuan Pembelajaran : :

§ siswa mampu mengidentifikasi makna dari kata, kalimat dan wacana tulis

§ siswa dapat mengetahui kandungan dari wacana tulis

§ siswa mampu menyusun kata, kalimat sesuai wacana tulis

§ siswa mampu menilai atau membetulkan dan menyalahkan wacana tulis

B. Materi pembelajaran : الهوابة

هواية عمر كثيرة مثل القراءة والرسم والمراسلة ولعب كرة القدم. يقرا عمر فى أوقات الفراغ الكتب والمجلات. يأخذ عمر من والده ريالا كل يوم ويشترى كتابا جديدا كل اسبوع. والان يملك عمر مكتبة كبيرة فى البيت

فى ابام العطلة يحبّ عمر ذهاب الى أيّ مكان ويرسم عمر رسومة عن الناس والحيوانات والاشجار. رسوكته جيّدة ويحصل عمر جائزة الرسم دائما فى المدرسة.

اصدقاء عمر كثيرون وهو يحبّ أيضا المراسلة. يكتب عمر لأصدقائه الرسائل وهم يكتيون له أيضا.هم يقصّون حالهم فى رسائلهم. فى العطلة القادمة سيزور عمر صديقه اسماعيل فى ماليزيا.

بجانب ذالك, يلعب عمر كرّة القدم فى المساء مرّتين فى الاسبوع. هو يلعب مع اصدقائه فى ملعب القرية. يحبّ عمر كرة القدم لأنه يصحّ الجسم

C. Metode Pembelajaran : qawa’id tarjamah

D.Langkah-langkah pembelajaran

1.Langkah Awal

a. Memulai pembelajaran dengan membaca Do’a yang dipimpin oleh ketua kelas

b. Absensi siswa

c. Memotivasi siswa untuk belajar bahasa arab

d. Memberikan apersepsi kepada siswa tentang pelajaran yang telah lewat

e. Menjelaskan tujuan belajar sekarang yaitu siswa mampu menidentisifikasi makna kata, kalimat dan kandungan isi wacana dan mampu menyuusun kata atau kalimat sesuai dengan tema

2.Kegiatan Inti

a. siswa dan guru menterjemahkan wacana tulis

b. guru membaca wacana beserta terjemahannya dan siswa mendengarkan dan mengulanginya secara bersama-sama

c. Guru memyuruh siswa untuk mencari apa kandungan isi atau tema wacana tersebut.

d. Guru menyuruh siswa menyusun kata atau kalimat yang sesuai dengan tema

e. guru memberi tugas yaitu memilih kata atau kalimat yang betul dan salah

3.Kegiatan Akhir

a. Menyimpulkan sekaligus memberikan pengertian yang jelas

b. Penguatan dengan mengulangi bacaan wacana tersebut dengan tepat dan benar.

c. Menginformasikan kepada siswa tentang pelajaran untuk pertemuan selanjutnya

d. .Salam

E.Sumber Belajar

a. Buku paket terampil bahasa arab untuk MA karangan minanul aziz

b. Kamus bahasa arab

F.Penilaian

1.Teknik: tes lisan dan tulisan

2.Bentuk instrumen: pertanyaan

3.aspek penilaian: kognitif

4.Soal instrumen:

1. ضعْ حرف (ص) اذا كانت العبارة موافقة للقراءة السّابقة وحرف (خ) اذا كانت غير موافق!...

2. اكمل الجمل الاتية بالكلمة المناسبة!!..

رتّب الكلمات الاتية لتكون جملا مفيدة ابتداء ممّا تحته خطٌّ!...

Sumpur, ….………2010

Diketahui Oleh:

Guru Pamong Mahasiswa PPL

APRIYEDI,S.Ag SITI ERLINA NIP.150 274 538 NIM. 206106

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pembelajaran :MAN SUMPUR

Mata Pelajaran :Bahasa Arab

Kelas/Semester :X/II

Pertemuan ke :7 (tujuh)

Alokasi Waktu :2x45 menit

Standar Kompetensi : Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan/dialog tentang الهوايات

Kompetensi Dasar :

§ . menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf , ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar

§ mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakn kata, frasa dan struktur yang benar

Indikator :

  • Menyusun kata “ungkapan” acak menjadi kalimat
  • Menyusun kalimat”jumlah” acak menjadi paragraf
  • Menjawab beberapa pertanyaan untuk menyusun paragraf dengan struktur kalimat yang diprogramkan
  • Menyusun paragraf yang disediakan dengan beberapa yang diprogramkan
  • Melengkapi kalimat dan memilih yang tepat
  • Menterjemahkan kalimat/paragraf kebaha arab dan dari bahasa arab ke bahasa indonesia dengan baik da benar

A. Tujuan Pembelajaran : :

§ siswa mampu menyusun kata acak menjadi kalimat

§ siswa mampu menyusun kalimat acak menjadi paragraf

§ siswa mampu menjawab pertanyaan sehingga tersusun menjadi paragraf

§ siswa mampu menilai atau membetulkan dan menyalahkan wacana tulis

§ Siswa mampu Menterjemahkan kalimat/paragraf kebaha arab dan dari bahasa arab ke bahasa indonesia dengan baik da benar

B. Materi pembelajaran : الهوابة

C. Metode Pembelajaran : qawa’id tarjamah

D.Langkah-langkah pembelajaran

1.Langkah Awal

f. Memulai pembelajaran dengan salam dan do’a

g. Absensi siswa

h. Memotivasi siswa untuk belajar bahasa arab

i. Memberikan apersepsi kepada siswa tentang pelajaran yang telah lewat

j. Menjelaskan tujuan belajar yang akan diajarkan

2.Kegiatan Inti

f. Guru menjelaskan bagaimana cara menjawab dan penulis tugas yang diberikan

g. guru juga menjelaskan bagaimana cara menyusun kalimat/paragraf yang baik

h. Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan

i. Guru dan siswa memeriksa hasil tugas mereka bersama-sama

j. Guru dan siswa memperbaiki tugas tersebut

3.Kegiatan Akhir

e. Menyimpulkan sekaligus memberikan pengertian yang jelas

f. Penguatan dengan mengulangi penjelasan diatas

g. Menginformasikan kepada siswa tentang pelajaran untuk pertemuan selanjutnya dan pemberian tugas

h. .Salam

E.Sumber Belajar

c. Buku paket terampil bahasa arab untuk MA karangan minanul aziz

d. Kamus bahasa arab

F.Penilaian

1.Teknik: tulisan

2.Bentuk instrumen: pertanyaan

3.aspek penilaian: kognitif

4.Soal instrumen:

1. ضعْ حرف (ص) اذا كانت العبارة موافقة للقراءة السّابقة وحرف (خ) اذا كانت غير موافق!...

2. اكمل الجمل الاتية بالكلمة المناسبة!!..

رتّب الكلمات الاتية لتكون جملا مفيدة ابتداء ممّا تحته خطٌّ!...

Sumpur, ….………2010

Diketahui Oleh:

Guru Pamong Mahasiswa PPL

APRIYEDI,S.Ag SITI ERLINA NIP.150 274 538 NIM. 206106

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pembelajaran :MAN SUMPUR

Mata Pelajaran :Bahasa Arab

Kelas/Semester :X/II

Pertemuan ke :8 (delapan)

Alokasi Waktu :2x45 menit

Standar Kompetensi :Memahami informasi lisan berbetuk paparan atau dialog tentang المهنة

Kompetensi Dasar :Mengidentifikasi bunyi , ujaran (kata ,frase atau kalimat dalam suatu kontek dengan tepat.

Indikator :

§ Mengidentifikasikan bunyi kata-kata yang diperdengerkan

§ Mengidentifikasikan ungkapan yang diperdengerkan

§ Mengidentifikasikan kalimat yang diperdengerkan

A. Tujuan Pembelajaran :

§ Siswa dapat Mengidentifikasikan bunyi kata-kata yang diperdengerkan

§ Siswa dapat Mengidentifikasikan ungkapan yang diperdengerkan

§ Siswa dapat Mengidentifikasikan kalimat yang diperdengerkan

B. Materi pembelajaran :المهنة

أنا ابرهيم، لى أب وأمّ. أبي فلاّح، هو يزرع الأرزّ والذّرّة فى المزارع. ولي أخ وأخت. أذهب مع أخي وأختي إلى المزرعة في يوم العطلة. أنا اسماعيل، لي أب وأخت. أبي تاجر، وأمّي مدرّسة. أبي يبيع البضائع في السوق، وأمّي تدرّس في المدرسة. أنا نبيلة، لي أب وأمّ. أبي مدرّس في الجامعة وأمّي طبيبة. أبي يذهب إلى الجامعة وأمّي يذهب إلى المستشفى.

C. Metode Pembelajaran :sam’iyah syafawiyah

D. Langkah-langkah pembelajaran

2.Langkah Awal

a. Guru Membuka pembelajaran dengan salam dan basmalah

    1. Guru mengabsensi siswa

c. Memotivasi siswa untuk belajar bahasa arab

d. Memberikan apersepsi kepada siswa tentang pelajaran yang telah lewat

e. Menjelaskan tujuan belajar sekarang yaitu Siswa dapat Mengidentifikasikan bunyi kata-kata, ungkapan dan kalimat yang diperdengarkan

f. Menjelaskan hubungan pelajaran yang telah lewat dengan pelajaran sekarang

3.Kegiatan Inti

a. Guru membaca dengan nyaring cerita atau ungkapan yang di sajikan materi istima’ dan siswa mendengarkannya dengan seksama

b. Guru membaca dengan nyarng cerita atau ungkapan yang disajikan materi istima’ dan siswa mengikutinya

c. Guru menyuruh siswa satu persatu untuk mengungkapkan kembali materi istima’ dengan bunyi dan ungkapan yang benar dengan memberikan pertanyaan

d. Guru bersama siswa menterjemahkan bahan cerita dalam istima’ dengan dibantu daftar mufradat yang ada

e. Guru meminta siswa membaca sekaligus menterjemahkan bahan istima’ satu persatu

f. Guru menyuruh siswa menghafal mufradat dan langsung menuliskannya apa yang duicapkan guru

4.Kegiatan penutups

a. Guru Menyimpulkan sekaligus memberikan pengertian yang jelas

b. Penguatan dengan bertanya secara lisan kepada siswa informasi yang dipahaminya tentang materi istima’ yang telah diperdengarkan

c. Menginformasikan kepada siswa tentang pelajaran untuk pertemuan selanjutnya dan memberikan tugas yang akan dikerjakan siswa dirumah.

d. Salam

E. Sumber Belajar

a. Buku paket terampil bahasa arab untuk MA karangan minanul aziz

b. Kamus bahasa ara

F. Penilaian

1. Teknik: tes lisan

2. Bentuk instrumen: pertanyaan

3. Aspek penilaian: psikomotor

4. Soal instrumen:

1. اذكر ما سمعتم عن المهنة بالضوت المخراج والعبارات الجيّدة...!

Sumpur, ….………2010

Diketahui Oleh:

Guru Pamong Mahasiswa PPL

APRIYEDI,S.Ag SITI ERLINA NIP.150 274 538 NIM. 206106

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pembelajaran :MAN SUMPUR

Mata Pelajaran :Bahasa Arab

Kelas/Semester :X/II

Pertemuan ke :9 (sembilan)

Alokasi Waktu :2x45 menit

Standar Kompetensi :Memahami informasi lisan berbetuk paparan atau dialog tentang المهنة

Kompetensi Dasar :Menangkap makna atau gagasan dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat.

Indikato :

§ Mengungkapkan sebuah wacana secara lisan tentang pekerjaan

§ Menjawab pertanyaan yang diperdengarkan

§ Menangkap makna dari informasi lisan yang diperdengarkan

§ Menuliskan kata, kalimat yang diperdengarkan

B. Tujuan Pembelajaran :

§ Siswa dapat Mengungkapkan sebuah wacana yang di perdengarkan

§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan yang diperdengerkan

§ Siswa dapat Menangkap makna dari kalimat yang diperdengerkan

§ Siswa dapat menulis kalimat yang diperdengarkan

B. Materi pembelajaran :المهنة

G. Metode Pembelajaran :sam’iyah syafawiyah

H. Langkah-langkah pembelajaran

5.Langkah Awal

a. Salam dan do’a

    1. Guru mengabsensi siswa

c. Memberikan apersepsi kepada siswa

d. Pemberian motivasi

e. Menjelaskan tujuan belajar yang akan dijarkan

f. Menjelaskan hubungan pelajaran yang telah lewat dengan pelajaran sekarang

6.Kegiatan Inti

a. Siswa mengungkapkan wacana lisan tentang pekerjaan

b. Siswa menjawab pertanyaan yang dpperdengarkan tentang pekerjaan

c. Siswa menyebutkan makna kata yang diperdengarkan

d. Siswa menuliskan kata yang diperdengarkan.

7.Kegiatan penutup

a. Siswa menyimpulkan pelajaran dengan bimbingan guru

b. Menginformasikan kepada siswa tentang pelajaran untuk pertemuan selanjutnya

c. Salam

I. Sumber Belajar

a. Buku paket terampil bahasa arab untuk MA karangan minanul aziz

b. Kamus bahasa ara

J. Penilaian

C. Teknik: tes lisan

D. Bentuk instrumen: pertanyaan

E. Aspek penilaian: psikomotor

F. Soal instrumen:

1. أجبْ عن الأسئلة الأتية!

2. أكملْ ما يأتى!

3. استمع إلى قراءة المدرّس ثمّ اكتبْ ما سمعته في كرّستك!

1. Sebutkan makna kata yang diungkapkan berikut ini?

2. Ungkapkan kembali kata atau kalimat yang disebutkan dengan tepat dan benar?

3. Sebutkan jenis kata berikut ini?

4. Ungkapkan kembali isi paparan atau dialg tentang hobi?

Sumpur, ….………2010

Diketahui Oleh:

Guru Pamong Mahasiswa PPL

APRIYEDI,S.Ag SITI ERLINA NIP.150 274 538 NIM. 206106

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pembelajaran :MAN SUMPUR

Mata Pelajaran :Bahasa Arab

Kelas/Semester :X/II

Pertemuan ke :10 (sepuluh)

Alokasi Waktu :2x45 menit

Standar Kompetensi : Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang المهنة

Kompetensi Dasar :melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar

Indikator :

  • Berdialog secara berpasangan dengan menggunakan kata/tema yang telah disediakan dengan tepat dan benar
  • Beratanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan kalimat komunikatif yang diprogramkan

A. Tujuan Pembelajara :

§ Siswa dapat berdialog secara berpasangan dengan menggunakan kata/tema yang telah disediakan

§ Siswa dapat bertaya jawab secara berpasangan dengan menggunakan kalimat komunikatif yang diprogramkan.

B. Materi pembelajaran :المهنة

المدرّسة : ما مهنة أبيك با ابرهيم؟

ابرهيم : أبي فلاّح يا الأستاذ! هو يزرع الأرزّ فى المزارع.

المدرّسة : وأنت يا اسماعيل ما مهنة أبيك؟

اسماعيل : أبي تاجر،هو يبيع البضائع في السوق

المدرّسة : ما مهنة أمّك يا نبيلة؟

نبيلة : أمّي طبيبة، هي تعالج المرضى في المستشفى.

حسن : أمّا أبي يا أستاذ فهو مدرّس في الجامعة.

مريم : أبي يا أستاذ!

المدرّسة : نعم أبوك يا مريم! ما مهنته؟

مريم : أبي صحفيّ، هو يكتب الأخبار في الجرائد.

المدرّس : نعم، الناس جميعا مشعولون لأعمالهم. فالفلاّحون مشغلون بأعمالهم، وأعمالهم نافعة. والأطبّاء مشغلون بأعمالهم، وأعملهم نافعة.

مريم : والأخبار نافعة أيضا، أليس كذالك يا الأستاذ؟

الدرّس : نعم، كلامك صحيح ، الأخبار نافعة أيضا.

ابرهيم : باالأخبار نستطيع أن نعرف الحوادث فى انحاء العالم.

اسمايل : فالصّحفيّون أدوارهم مهمّة فى حياتنا اليوم.

C. Metode Pembelajaran :sam’iyah syafawiyah

D. Langkah-langkah pembelajaran

1.Langkah Awal

a. Memulai pembelajaran dengan salam dan Do’a

b. Absensi siswa

c. Memotivasi siswa untuk belajar bahasa arab

d. Memberikan apersepsi kepada siswa

e. Menjelaskan tujuan belajar yang akan diajarkan

f. Menjelaskan hubungan pelajaran yang telah lewat dengan pelajaran sekarang yaitu hiwar tentang الهواية

2.Kegiatan Inti

a. Siswa mendengarkan dengan seksama bacaan guru tentang percakapan

b. Siswa mengikuti secara bersama bacaan guru tentang percakapan

c. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang materi hiwar

d. Siswa berdialog sesama mereka dalam dua kelompok

e. Siswa berdialog denga teman sebangku

f. Siswa berdialog berpasangan didepan kelas

3.Kegiatan Akhir

a. Menyimpulkan sekaligus memberikan pengertian yang jelas

b. Menginformasikan kepada siswa tentang pelajaran untuk pertemuan selanjutnya dan memberikan tugas rumah

c. Salam

E.Sumber Belajar

a. Buku paket terampil bahasa arab untuk MA karangan minanul aziz

b. Kamus bahasa arab

K. Penilaian

1.Teknik: tes lisan

2.Bentuk instrumen: pertanyaan

3.aspek penilaian: psikomotor

4.Soal instrumen:

تحدّثوا مع اخوانكم امام الفصل عن المهنة....!

Sumpur, ….………2010

Diketahui Oleh:

Guru Pamong Mahasiswa PPL

APRIYEDI,S.Ag SITI ERLINA NIP.150 274 538 NIM. 206106


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pembelajaran :MAN SUMPUR

Mata Pelajaran :Bahasa Arab

Kelas/Semester :X/II

Pertemuan ke :11 (sebelas)

Alokasi Waktu :2x45 menit

Standar Kompetensi : Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang المهنة

Kompetensi Dasar : menyampaikan gagasan/pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat

Indikator : Menjawab pertanyaan yang disediakan yang sesuai dengan kontek dialog

A. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjawawab pertanyaan secara lisan yang disediakan sesuai dengan kontek dialog

B. Materi pembelajaran : المهنة

C. Metode Pembelajaran :sam’iyah syafawiyah

D.Langkah-langkah pembelajaran

1.Langkah Awal

a. Memulai pembelajaran dengan salamdan Do’a Absensi siswa

b. Memotivasi siswa untuk belajar bahasa arab

c. Memberikan apersepsi kepada siswa

d. Menjelaskan tujuan belajar yang akan diajarkan

2.Kegiatan Inti

a. Siswa mendengarkan dan mengulangi kata atau mufradat yang dibacakan guru

b. Siswa dan guru menterjemahkan mufradat

c. Siswa disuruh menghafal mufradat yang ada

d. Guru memberi pertanyaan yang bersangkutan dengan المهنة sesuai dengan kontek dialog atau sesuai dengan pengalaman siswa

e. Siswa disuruh untuk saling bertanya jawab tentang المهنة mereka masing-masing

f. Siswa menjawab pertanyaan yang disediakan yang sesuai dengan kontek dialog

3.Kegiatan Akhir

a. Menyimpulkan sekaligus memberikan pengertian yang jelas

b. Penguatan dengan bertanya secara lisan kepada siswa informasi yang dipahaminya tentang wacana lisan tersebut.

c. Menginformasikan kepada siswa tentang pelajaran untuk pertemuan selanjutnya

d. salam

E.Sumber Belajar

a. ku paket terampil bahasa arab untuk MA karangan minanul aziz

b. kamus bahasa arab

F.Penilaian

1.Teknik: tes lisan

2.Bentuk instrumen: pertanyaan

3.aspek penilaian: psikomotor

4.Soal instrumen:

1. ما مهنة أبوك وأمّك ؟

أكملْ الحوار التالى!..

Sumpur, ….………2010

Diketahui Oleh:

Guru Pamong Mahasiswa PPL

APRIYEDI,S.Ag SITI ERLINA NIP.150 274 538 NIM. 206106

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pembelajaran :MAN SUMPUR

Mata Pelajaran :Bahasa Arab

Kelas/Semester :X/II

Pertemuan ke :12 (dua belas)

Alokasi Waktu :2x45 menit

Standar Kompetensi : Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang مهنة

Kompetensi Dasar : menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dan tulisan dengan menggunakan struktur kalimat kaidah huruf ’athaf قاعدة عن العطف بالواو mufrad, mutsanna dan jamak

Indikator :

  • menghafal huruf ‘athaf
  • memahami fungsi huruf ‘athaf dan penggunaan mufrad, mitsanna dan jamak
  • menyesuaikan mufrad, mutsanna dan jamak dengan isim
  • penggunaan huruf jar
  • penyampaikan pendapat secara lisan dan tulisan dengan menggunakan struktur kalimat diatas.

A. Tujuan Pembelajaran :

  • sisa hafal huruf ‘athaf
  • siwa dapat menggunakan fungsi huruf ‘athaf dan penggunaan mufrad, mitsanna dan jamak
  • siswa dapat menyesuaikan mufrad, mutsanna dan jamak dengan isim
  • siswa dapat menggunaka huruf ‘athaf dalam kalimat
  • penyampaikan pendapat secara lisan dan tulisan dengan menggunakan struktur kalimat diatas.

B. Materi pembelajaran :

قاعدة عن العطف بالواو.

1. العطف تايع يتوسذط بينه وبين متبوعه أحد أحراف العطف.

2. من أحروف العطف الواو.

C. Metode Pembelajaran :qawa’id tarjamah

D.Langkah-langkah pembelajaran

1.Langkah Awal

a. Memulai pembelajaran dengan salam dan Do’a

b.Absensi siswa

c.Memotivasi siswa untuk belajar bahasa arab

d.Memberikan apersepsi kepada siswa

d. Menjelaskan tujuan belajar yang akan diajarkan

2.Kegiatan Inti

f. Siswa mendengarkan guru menjelaskan tentang huruf athaf dan bentuk mufrad, mutsanna dan jamk serta fungsinya

g. Siswa menghafal hufu ’atha dan menggunaa mufrad, mutsanna dan jamak

h. Guru membuat contoh kalimat dengan menggunakan struktur kalimat tersebut dan siswa mengulanginya

i. Guru menyuruh siswa membuat kalimat dengan menggunakan struktur kalimat tersebut

j. Guru menyuruh siswa tampil kedepan bertanya jawab dengan menggunakan struktur kalimat tersebut.

3.Kegiatan Akhir

e. Menyimpulkan sekaligus memberikan pengertian yang jelas

f. Penguatan dengan bertanya secara lisan kepada siswa informasi yang dipahaminya tentang wacana lisan tersebut.

g. Menginformasikan kepada siswa tentang pelajaran untuk pertemuan selanjutnya

h. Salam

E.Sumber Belajar

a. Buku paket terampil bahasa arab untuk MA karangan minanul aziz

b. Kamus bahasa arab

F.Penilaian

1.Teknik: tes lisan dan tulisan

2.Bentuk instrumen: pertanyaan

3.aspek penilaian: psikomotor dan kognitif

4.Soal instrum:

1. كوّن حملا كما فى المثال...!

2. استبدل مع تغيير ما يلزم كما في المثال!

Sumpur, ….………2010

Diketahui Oleh:

Guru Pamong Mahasiswa PPL

APRIYEDI,S.Ag SITI ERLINA NIP.150 274 538 NIM. 206106

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pembelajaran :MAN SUMPUR

Mata Pelajaran :Bahasa Arab

Kelas/Semester :X/II

Pertemuan ke :13 (tiga belas)

Alokasi Waktu :2x45 menit

Standar Kompetensi : Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang المهنة

Kompetensi Dasar : melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis secara tepat dan benar

Indikator :Membaca nyaring cerita dengan makhraj dan intonasi yang jelas dan benar

A. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu Membaca cerita dengan makhraj dan intonasi yang jelas dan benar

B. Materi pembelajaran اْلمِهْنَةُ

مِهَنُ النَّاسِ مُتَنَوِّعَةٌ، مِنْهُمْ مَنْ يَكُوْنُ فَلاَّحٌ، وَمِنْهُمْ مَنْ يَكُوْنُ تَاجِرٌ، وَمِنْهُمْ مَنْ يَكُوْنُ صُحُفِيًّا، وَمِنْهُمْ مَنْ يَكُوْنُ طَبِيْبًا، وغَيْرُ ذَالِكَ مِنَ اْلأَعْمَالِ النَّافِعَةِ.

فَالْفَلاَّحُ يَذْهَبُ إِلَى اْلمَزَارِعِ كُلَّ يَوْمٍ وَيَزْرَعُ اْلأَرُزَّ فَيْهَا وَالتَّاجِرُ يَذْهَبُ كُلَّ يَوْمٍ إِلَى السُّوْقِ وَيَبِيْعُ فِيْهَا اْلبَضَائِعَ اْلمُتَنَوِّعَةَ وَالصُّحُفِيُّ يَبْحَثُ عَنِ الْأَخْبَارِ النَّافِعَةِ وَيَكْتُبُهَا فِي الْجَرَائِدِ وَالْمَجَلاَّتِ لِيَقْرَأَهَا النَّاسُ، وَالطَّبِيْبُ يَذْهَبُ كُلَّ يَوْمٍ إِلَى الْمُسْتَشْفَى وَيُعَالِجُ الْمَرْضَى.

أَعْمَالُ اْلفَلاَّحِيْنَ نَافِعَةٌ لِأَنْفُسِهِمْ وَمُجْتَمَعِهِمْ لِأَنَّنَا جَمِيْعًا نَأْكُلُ الْأَرُزَّ وَالْفَوَاكِهَ وَالْخَضْرَوَاتِ. وَأَعْمَالُ الْأَطِبَّاءِ مُفِيْدَةٌ لِلنَّاسِ لِأَنَّهُمْ يَحْتَجُوْنَ إِلَى صِحَّةِ أَجْسَامِهِمْ كَمَا يَحْتَجُوْنَ إِلَى صِحَّةِ عُقُوْلِهِمْ. فَالْفَلاَّحُ وَالتَّاجِرُ وَالطَّبِيْبُ كُلُّهُمْ يَحْتَاجُ إِلَيْهِمُ النَّاسُ.

C. Metode Pembelajaran : qira’ah

D.Langkah-langkah pembelajaran

1.Langkah Awal

a. salam dan absensi

b. appersepsi dan motivasi

c. Memberikan apersepsi kepada siswa tentang pelajaran yang telah lewat

d. Menjelaskan tujuan belajar sekarang yaitu siswa mampu Membaca cerita dengan makhraj dan intonasi yang jelas dan benar

2.Kegiatan Inti

a. guru membaca nyaring wacana tulis dengan makhraj dan intonasi yang baik dan benar

b. siswa mendengarkan dan mengulanginya secara bersama-sama secara berulang-ulang

c. Guru menyuruh siswa satu persatu untuk tampil kedepan membaca wacana tersebut dengan makhraj dan intonasi yang tepat dan benar

d. guru dan siswa menterjemahkan wacana tersebut

e. guru menyuruh siswa satu persatu membaca wacana tersebut bserta terjemahannya.

3.Kegiatan Akhir

a. Menyimpulksn sekaligus memberikan pengertian yang elas

b. Penguatan dengan mengulangi bacaan wacana tersebut dengan tepat dan benar

c. Menginformasikan kepada siswa tentang pelajaran untuk pertemuan selanjutnya

e. Salam

E.Sumber Belajar

c. Buku paket terampil bahasa arab karangan minanul aziz

d. Kamus bahasa arab

F. Media Pembelajaran: Gambar, LCD

G. Penilaian

1.Teknik: tes lisan

2. bentuk instrumen : pertanyaan

3.aspek penilaian: psikomotor

4.Soal instrumen:

1. اقرأ ما يلى قراءة جيّدة!...

2.اقرأ نصّ القراءة بدون الشّكل الاتي!....

Sumpur, ….………2010

Diketahui Oleh:

Guru Pamong Mahasiswa PPL

APRIYEDI,S.Ag SITI ERLINA NIP.150 274 538 NIM. 206106