mat pagiii semua,,, bangun tidur,, cuci muka,, ngopi,, sambil ngerokok sebantang,, ku ingat sesuatu,, yang orang lain dah tau,, tapi ada juga yang lupa,, ku coba ingetin lagi,, khusunya ini buat teman-teman saya,, yang sering salah dalam pengaturan kertas di MS Word pada jenis F4 tau yang dikenal juga dengan Folio,,,
banyak diantara teman-teman saya yang bikin document pengaturannya tujuannya untuk kertas F4 tapi waktu di print,, banyak yang kepotong,, jadi aku coba nulis ini cuma buat ngingat-ingat lagi caranya supaya kertas document kita waktu di print ngak kepotong.
gini caranya :

pertama buka dulu MS Word kita,, sebelum nulis sesuatu, sebaiknya kertasnya dulu yang di atur supaya nanti ngak kacau beliau hasil ketikan kita setalah kita buat,,, Aku menggunakan MS Word 2007, bagi yang menggunakan MS Word 2003 tau 2010 sulahkan menyesuaikan saja



setelah itu pilih Page Layout. trus klik margins,, setelah itu pilih Custom Margins,,

setelah itu akan keluar colom page setup



pada kolom margin silahkan atur sendiri sesuai dengan kebutuhan,,,,
kemudian pada colom paper baru kita atur jenis kertasnya,, dengan cara milih pilihan Legal.

setelah itu, pada bagiat Widht akan tertulis 2159cm, dan height berisi 35,56cm. disini teman-teman saya banyak yang terkecoh,, karena dikira kertas F4 itu sama dengan legal, makanya langsung di OK kan saja, padahal tidak, ketika kita nanti memprint document kita, bagian bawahnya akan terpotong atau tidak sesuai dengan harapan, jadi supaya hasilnya sesuai dengan harapan kita, ganti pada kolom height : 35,56cm dengan 33cm.. kemudian klik OK, baru kertas tersebut sesuai dengan ukuran F4.

selain itu, supaya printnya tidak terpotong, waktu print juga printernya di atur kertasnya seperti berikut ini, saya menggunakan printer Canon 1980. cara print kan semuanya dah tau teken aja CTR+P keluar dah yang seperti ini :

setelah di pilih jenis printernya, klik properties, nanti nongol gambar kaya gini,,


setelah itu lihat pada colom pege size klik itu trus pilih paling bawah Customs

setelah itu di klik, nanti keluar lagi gambar seperti ini:

pada colom units, pilih mm kemudian pada colom Height ganti angka yang ada disitu menjadi 330. trus tekan ok,, siap dech buat di print.

selamat mencoba.,,,,,