PROPOSAL PEMBANGUNAN

MUSHALLA NURUL YAQIN LUAK SARUNAI

1. Dasar Pemikiran

Ketika masa rasulullah SAW hijrah dari kota mekkah ke madinah, sesampainya beliau disana beliau disambut oleh kaum anshor dengan samabutan yang sangat hangat serta diiringi dengan lagu shalwat badar yang sampai dengan saat sekarang ini lagu tersebut masih kita dengar dengungannya. Setelah itu yang pertama kali beliau lakukan adalah mendirikan mesjid pertama yang kita kenal dengan nama masjid Nabawi, pada akhirnya masjid ini menjadi pusat pergerakan da’wah rasulullah saw.

Selain sebagai tempat berda’awah dan beribadah, mesjid juga digunakan oleh rasulullah untuk sebagai tempat untuk mempererat hubungan silaturahmi antara seluruh umat islam yang ada pada saat itu, masjid pada masa itu juga digunakan sebagai tempat untuk merencanakan taktik dan strategi perang agar memperoleh kemenangan melawan kaum kafir kuraish. Intinya masjid digunakan oelh rasulullah saw sebagai tempat untuk melaksanakan segala macam kegiatan.

Sejalan denganitu, dari sejarah yang sama-sama telah kita ketahui bahwa pada masa dahulu orang-orang juga menggunakan masjid sebagai tempat untuk melakukan segala aktifitas mulai dari belajar mengaji, shalat, ilmu bela diri bahkan juga para pemuda minang juga tidur dimasjid. Namun pada saat ini kita melihat dalam kehidupan nyata kita sehari-hari, masjid hanya digunakan khusus sebagai tempat beribadah saja, oleh karena itu dapat kita saksikan hari ini masjid sangat jarang sekali dikunjungi oleh umat islam, bahkan untuk melaksanakan shalat berjama’ahpun tidak seberapa umat islam yang dating.

Kabupaten Tanah Datar adalah merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di sumatera barat yang sangat memperhatikan tentang kemakmuran masjid, salah satunya dengan mencangkan moto “Kembali ke Surau”. Salah satu tujuannya adalah untuk kembali memeriahkan dan menyemarakkan masjid terutama agar umat islam kembali melaksakan ibadah shalat secara berjama’ah di setiap waktu.

Mushalla nurul yaqin Luak Sarunai adalah sebuah mushalla kecil yang beralamat di jorong malana ponco kanagarian baringin kec. Lima Kaum Kab. Tanah datar , didirikan pada tahun 1996 dan mulai digunakan secara efektif pada tahun 1998. mushalla ini didirikan dengan menggunakan dana yang diperoleh melalui swadaya masyarakat setempat dan Allhamdulillah sampai dengan saat sekarang ini masih digunakan secara efektif.

Untuk menunjang moto kab. Tanah Datar, mushlalla nurul yaqin Luak Sarunai mencoba mengaplikasikannya dengan melaksanakan beberapa macam kegiatan yang bertujuan menarik minat umat islam khususnya warga Luak Saruanai sendiri untuk kembali meramaikan mushalla dan menarik minat masyarakan utuk selalu melasaknakan ibadah secara berjamaa’a di mushalla Nurul Yaqin Ini yaitu dengan kegiatan sebagai berikut :

  1. Majelis ta’lim Mushalla Nurul yaqin Luak sarunai.

Majelis ta’liam ini beranggotakan + sebanyak 25 Orang yang beranggotakan ibu-ibu yang tinggal di sekitar komplek Luak Sarunai, dan kegiatan ini dilaksanakan setiap hari minggu jam 14.30 wib.

  1. Wirid mingguan yang dilaksanakan setiap hari Jum’at ba’da shalat magrib.
  2. Pembentukan remaja masjid yang beranggotakan seluruh remaja dan pemuda yang ada di luak sarunai, yang beranggotakan + 35 Orang.
  3. Peringatan-peringatan hari besar islam
  4. TPA /TPSA Mushalla nurul yaqin.

Oleh Karena itu, untuk lebih mengefektifkan semua kegiata terseut, maka pengurus mushalla Nurul Yaqin berencana akan melanjutkan pembangunan mushalla tersebut hingga nantinya dakwah islam ini akan terus berjalan secara berkelanjutan, dan terciptanya masyarakat yang cinta kepada islam dan pada akhirnya moto Kembali ke Surau akan tercipta di Kab. Tanah Datar.

2. Tujuan

Adapun Tujuan dari pembangunan ini adalah :

  1. Mensyi’arkan kembali agama islam
  2. Mensukseskan moto kab. Tanah Datar “baliak kasurau”
  3. Menunjang kegiatan Pembangunan SDM khususnya dalam bidang keagamaan.
  4. Mengefektifkan kembali TPA/TPSA Mushalla Nurul Yaqin
  5. Menunjang semua kegiatan yang akan dilasanakan nantiny.

3. Susuna Kepengurusan

Adapun susunan kepengurusan Msushalla Nurul Yaqin Luak Sarunai ini sebagaimana terlampir

4. Anggaran Dana

Adapun anggaran dana yang dibutuhkan dalah sejumlah Rp. 40.804.550,00 (Empat Puluh Juta Delapan Ratus Empat Ribu Lima Ratus Lima Puluh Rupiah) dengan rincian terlampir

5. Penutup

Demikianlah proposal ini kami ajukan atas bantuan dan kerjasama Bapak/ibu kami ucapkan temimakasih.

Billahi fi sabililhaq

Wassalamu’alaikum Wr, Wb

Djoko Sriyono

Ketua

Batusangkar, 18 Juni 2009

Pengurus Mushalla Nurul Yaqin

Luak Sarunai

Drs. Dedi Irwan

Sekretaris