YONA HENDRI YANI. N


PERANGKAT   PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH ALIYAH NEGERI

NAMA SEKOLAH : MAN

MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB

KELAS : X ( SEPULUH )

SEMESTER : II ( DUA )

DISUSUN OLEH :

YONA HENDRI YANI. N

MADRASAH ALIYAH NEGERI ( MAN )

KABUPATEN TANAH DATAR

SUMATERA BARAT

2010/2011

RINCIAN MINGGU EFEKTIF

MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB

KELAS : X ( SEPULUH )

SEMESTER : II ( DUA )

TAHUN PELAJARAN : 2010/2011

NO

Banyak

Bulan

Banyak

Minggu

Efektif

Non Efektif

Keterangan

1.

Januari

5

4

1

Tahun baru masehi

2.

Februari

4

3

1

Maulid nabi Muhammad SAW

3.

Maret

4

4

0

-

4.

April

5

4

1

Wafat yesus kristus

5.

Mei

4

3

1

Hari raya waisak

6.

Juni

4

1

3

UKK, Classmetting, libur SEM

Jumlah

26

19

7

Jumlah Jam Efektif : 19 X 2 Jam = 38 Jam

Rincian Jam Efektif :

1. Pembelajaran : 36 Jam

2. Ulangan Harian : 2 Jam

Mengetahui, Batusangkar, 1 Januari 2011 Kepala MAN Batusangkar Guru Bidang Studi Bahasa Arab

( .,………………………… ) ( Yona Hendri Yani. N )

PROTA ( PROGRAM TAHUNAN )

MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB

KELAS : X ( SEPULUH )

SEMESTER : II ( DUA )

TAHUN PELAJARAN : 2010/2011

SEMESTER

STANDAR

KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

MATERI

POKOK

ALOKASI

WAKTU

II

Menguasai 250 kosa kata baru dengan struktur kalimatyang baik sesuai dengan tema-tema yang tersedia dalam materi pokok. Siswa memiliki skill untuk memahami teks-teks berbahasa arab serta menggunakannya dalam bahasa percakapan dan insya' Muwajjah

Dengan menggunakan 25-30 mufradat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata

الفعل الماض، المضارع و المصدر

Siswa mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya' muwajjah sesuai tema dalam materi pokok.

a. Qiraah tentang

غاية الإيمان

b. Struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata

الفعل الماض، المضارع و المصدر

c. Teks/percakapan yang diambil dalam bahan qiraah.

d. Latihan menulis kalimat dengan mufradat dan strutur kalimat yang mengandung

الفعل الماض، المضارع و المصدر

8 X 45 menit

Dengan menggunakan 25-30 mufradat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata

أدوات الجر الكثيرة الورود و معانيها

Siswa mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya' muwajjah sesuai tema dalam materi pokok.

a. Qiraah tentang

العقيدة والعبادة في القرآن

b.Struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata

أدوات الجر الكثيرة الورود و معانيها

c. Teks/percakapan yang diambil dalam bahan qiraah.

d. Latihan menulis kalimat dengan mufradat dan strutur kalimat yang mengandung

أدوات الجر الكثيرة الورود و معانيها.

10 X 45

menit

Dengan menggunakan 25-30 mufradat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata

المبتداء و الخبر ( المفرد وشبه الجملة والجملة )

Siswa mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya' muwajjah sesuai tema dalam materi pokok.

a.Qiraah tentang

الحديث الشريف

b.Struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata

المبتداء و الخبر( المفرد وشبه الجملة والجملة )

c.Teks/percakapn yang diambil dalam bahan qiraah.

d.Latihan menulis kalimat dengan mufradat dan strutur kalimat yang mengandung

المبتداء و الخبر( المفرد وشبه الجملة والجملة )

8 X 45 menit

Dengan menggunakan 25-30 mufradat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata

الخبر المقدم

Siswa mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya' muwajjah sesuai tema dalam materi pokok

a. Qiraah tentang

نحن المسلمون

b.Struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata

الخبر المقدم

c. Teks/percakapan yang diambil dalam bahan qiraah.

d. Latihan menulis kalimat dengan mufradat dan strutur kalimat yang mengandung

الخبر المقدم

10 X 45

menit

Mengetahui, Batusangkar, 1 Januari 2011 Kepala MAN Batusangkar Guru Bidang Studi Bahasa Arab

( .,………………………… ) ( Yona Hendri Yani. N )