pada tulisan yang lalu, saya telah menjelaskan tentang bagaimana caranya membuat Mail Marge menggunakan MS Word 2007, sekarang bagaiman kalau seandainya datanya telah ada namun data tersebut tersimpan di Exel, kalo data tersebut kita pindahkan ke MS Word mungkin akan membutuhkan waktu lama, dan kalau seandainya kita ketik ulang kembali, mungkin jari-jari kita bakalan keriting jadinya,,, hehehhe

supaya menghemat waktu dan tenaga, MS Word telah menyediakan fasilitas Mail Marge untuk memudahkan kerja kita, berikut ini saya akan menjelaskan bagaimanakah caranya me Import data dari Exel ke Word menggunakan Mail Marge.

pertama, kita buat dulu Mail Margenya, cara membuatnya bagi yang belum tau silahkan meluncur ke tulisan sebelumnya.

http://afrizaldaonk.blogspot.com/2011/03/membuat-mail-marge-pada-ms-office-2007.html

perbedaanya dengan tulisan sebelumnya adalah berada pada Step 3, yaitu, kalo pada tulisan sebelumnya, data yang kita buatkan Mail Margenya kita sendiri yang langsung me entrikan datanya kedalam Mail Marge kita, namun kali ini kita akan ambil dari MS Exel dengan cara memilih pilihan Use an Existing List>>Browse, kemudian akan tampil dilayar seperti ini:



setelah gambar tersebut tampil, kemudian cari dimana letak data Exel yang akan kita impor kedalam File Kita, setelah didapatkan data Exel tersebut, kemudian Pilih Open maka akan keluar tampilan seperti berikut ini :setelah tampilan tersebut tampil, pastikan dimanakah posisi data kita berada, apakah berada pada Sheet1, Sheet2, tau Sheet3. disini saya menggunakan pilihan Sheet1. setelah dipilih lalu klik OK, maka akan tampil di layar seperti berikut.


setelah layar tersebut tampil lalu klik Ok, setelah itu baru kita melanjutkan ke proses selanjutnya, me Importkan data tersebut ke dalam file MS Word Kita, yaitu dengan cara memilih Next: Write your Letter.



setelah itu akan tampil layar seperti dibawah ini, lalu letakkan kursor anda pada file yang akan di beri Mail Marge lalu pilih More Items, maka akan tampil dilayar seperti berikut,


disini saya mencontohkan hanya menggunakan empat pilihan, yaitu Nama, Alamat, Tempat/ Tanggal Lahir, Cita-cita, silahkan di pilih sesuai dengan data yang kita butuhkan lalu klik Insert>>Close. setelah itu letakkan kursor pada bagian yang lain yang akan kita Import dari Exel tersebut dengan klik pilihan More Items, lalu pilih data mana yang akan kita Import, selanjutnya, lakukan hal itu sampai semua datanya selesai. setelah semua data yang di rasa perlu selesai di masukkan, lalu pilih Next: Priview Your Letters.


maka akan tampil hasilnya seperti ini:



disana kita dapat melihat hasil data yang kita Import dari Exel tadi, untuk menuju ke data selanjutnya kita tinggal klik gambat panah dua (>>) yang berada di sebelah kanan Monitor kita.

mudah bukan,,,,????

ok,,, mungkin segitu saja dulu tulisan tentang Mail Marge kali ini, nanti kita sambung lagi dengan yang lainnya, sebelum teman-teman mengcopy tulisan ini tau hanya sekedar baca-baca aja, mohon di tinggalkan oleh-oleh sepatah atau dua patah kata untuk perbaikan bagi kita semua, terimakasih,,,,,,,,



Labels: edit post