id_ttk@yahoo.com
Hasil Observasi Tela'ah Kurikulum
Tentang
Implementasi Keseuaian RPP Matematika
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
Proses belajar mengajar merupakan suatu kegiatan pelaksanaan kurikulum suatu lembaga pendidikan, agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Tujuan pendidikan pada dasarnya mengantarkan para siswa menuju pada perubahan-perubahan tingkah laku baik intelektual, moral, maupun social agar dapat hidup mandiri sebagai individu dan makhluk social. Dalam mencapai tujuan tersebut siswa berinteraksi dengan lingkungan belajar yang diatur guru melalui proses pengajaran.
Dalam mengajar guru harus mempersiapkan segala sesutau yang bisa menunjang kesuksesan proses belajar mengajar. Diantaranya guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaaan pembelajaran (RPP). Dimana guru telah mempunyai konsep apa yang harus diajarkan kepada siswanya di kelas nanti.
RPP bagi seorang guru sangat diperlukan. Karena dalam RPP ini guru telh mengkonsep semua aktifitas yang akan dilakukannya dalam kelas selama proses belajar mngajar berlangsung. RPP yang baik akan menghasilkan hasil belajar yang baik. Dan hndaknya RPP yang telah dibuat dilaksanakan dengan baik.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa RPP bagi guru dalam pembelajaran sangat diperlukan. Karena dalam RPP itu ada rencana dan strategi yang akan digunakan oleh guru dalam mengajar nanti. Dan guru dalam mengajar berpatokan pada RPP itu.
2. Identifikasi Masalah
Dalam observasi ini penulis akan meneliti masalah implementasi RPP dalm kelas. Karena masih banyak guru yang mengajar tidak sesuai dengan RPP yang dibuatnya. Kegiatan yang ada pada kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan penutup RPP tidak sesuai dengan RPP yang sebenarnya.
3. Perumusan Masalah
Pada makalah ini penulis akan mengidentifikasikan apakah guru didalam kelas telah membuka, melakukan kegiatan inti, dan menutup pelajaran sesuia yang tercantum dalam RPP.
4. Tujuan Observasi
Adapun tujuan penulis melakukan observasi yaitu untuk mengetahui bahwa RPP yang dibuat oleh seorang guru dijalankan sesuai dengan yang tertulis di RPP atau RPP itu hanya sebagai syarat yang harus ditunjukan kepada kepala sekolah saja. Sedangkan pada praktek belajarnya tidak sesuai dengan RPP yang dibuat.
5. Manfaat Observasi
Dengan melakukan observasi ini penulis dapat mengetahuiapa manfaat dari RPP itu sendiri bagi guru mata pelajaran yang bersangkutan.
6. Tempat dan Jadwal Observasi
Observasi ini kami lakukan di SLTP 04 Sungai Tarab kelas IX.2. yang dilakukan pada hari:
a. Hari Rabu tanggal 24 November 2010
b. Hari Rabu tanggal 26 November 2010
c. Hari Rabu tanggal 27 November 2010
Dengan guru mata pelajaran Matematika SLTPN 04 Sungai Tarab, yaitu
ibu Silvia, S. Pd
BAB II
KAJIAN TEORI
1. Pengertian RPP
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasaryang ditetapkan dalam standar isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasaryang terdiri atas satu atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan atau lebih.
2. Komponen RPP
Komponen-komponen RPP antara lain:
a. Identitas mata pelajaran
identitas mata pelajaran meliputi satuan pendidikan, kelas, semester, program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, dan jumlah pertemuan.
b. Standar kompetensi
Standar kompetensi merupakan kualifikasikemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan atau semester pada suatu mata pelajaran.
c. Kompetensi dasar
Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam pelajarantertentu sebagai rujukan penyusunan indicator kompetensi dalam suatu pelajaran.
d. Indicator pencapaian kompetensi
Indicator kompetensi adalah perilaku yang dapat di ukur dan atau diobservasi untuk menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
e. Tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peerta didiksesuai dengan kompetensi dasar.
f. Materi ajar
Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompetensi.
g. Alokasi waktu
Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
h. Metode pembelajaran
Metode pembelajaran adalah cara megjar yang dignakan oleh guru agar terwujudnya suasana belajar yang baik dan pencapaian terhadap kompetensi dasar atau seperangakat indicator yang telah ditetapkan.
i. Kegiatan pembelajaran
1. Pendahuluan
Merupakan kegiatan awal dalam suat pertemuan pembelajaran yang ditujukn untuk membangkitakan motivasi siswa dan mengajak siswa agar berpartisipasi aktif dalam pembelajara.
2. Inti
Kegiatan ini merupakan proses pembelajaran untuk mecapai KD.
3. Penutup
Kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktifitas pembelajaran ayang dilakukan dalam bentuk rangkuman, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
j. Penilaian hasil belajar
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan denga indicator pencapaian kompetensi dan mengacu pada standar penilaian.
k. Sumber belajar
Penentuan umber belajar didasarkan pada standar kompeteni dasar, erta materi ajar, dll
3. Prinsip-prinsip penyusunan RPP
Prinsip-prinsip penyusuna RPP antara lain:
a) Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
b) Mendorong partisipasi aktif peserta didik
c) Mengembangkan budaya membaca dan menulis
d) Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
e) Keterkaitan dan keterpaduan
f) Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
BAB III
HASIL PENGAMATAN
Dari hasil observasi yang dilakukan kami memperoleh data sebagai berikut:
Materi yang diajarkan selama kami melakukan observasi adalah Statistika.
Pertemuan yang kedua dalam materi Statistika, dengan pokok bahasan mengurutkan data tunggal.
Langkah guru dalam RPP | dilakukan | Tidak dilakukan | |
Pendahuluan | | ||
Memberi motivasi | | | |
Memeriksa PR dengan menukarkan dengan teman sebangku | | | |
Menyampikan indikator pencapaian | | | |
Guru mencek kehadiran siswa | | | |
Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya | | | |
Kegiatan inti | | ||
Guru menjelaskan materi dengan tanya jawab bersama siswa | | | |
Siswa diminta mengerjakan latihan halaman 45 | | | |
Guru berkeliling memberikan bimbingan | | | |
Guru membeikan latihan pada siswa halaman 36 | | | |
Siwa menjawab sesuai dengan penguasaan konsep dan guru membimbing siswa | | | |
Siwa membahas latihan bersama-sama. | | | |
Penutup | | ||
siswa diberi waktu ntuk memikirkan cara mengurutkan data tunggal | | | |
siswa diberi tugas atau PR | | | |
Pertemuan ketiga
Langkah guru dalam RPP | dilakukan | Tidak dilakukan | |
Pendahuluan | | ||
Memberi motivasi | | | |
Memeriksa PR dengan menukarkan dengan teman sebangku | | | |
Menyampikan indikator pencapaian | | | |
Guru mencek kehadiran siswa | | | |
Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya | | | |
Kegiatan inti | | ||
Guru menjelaskan materi dengan tanya jawab bersama siswa | | | |
Siswa dengan teman sebangkunya diminta mengerjakan latihan halaman 37 – 38 buku Intan | | | |
Guru berkeliling memberikan bimbingan | | | |
Guru menyuruh siswa membentuk kelompok dan menyampaikan hasil diskusi kelompoknya dan memberi latihan | | | |
Siwa menjawab sesuai dengan penguasaan konsep dan guru membimbing siswa | | | |
Siwa membahas latihan bersama-sama. | | | |
Penutup | | ||
siswa diberi waktu ntuk memikirkan cara menghitung mean, modus, dan median | | | |
siswa diberi tugas atau PR | | | |
No comments:
Post a Comment